Minggu, 05 Maret 2017

Pidato adaptasi lingkungan untuk siswa baru

Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua
Semoga Tuhan yang maha esa senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita

salam hormat saya tujukan kepada bapak ibu guru sekalian
selamat pagi siswa-siswi SMP N 1 Purbalingga, dan selamat datang bagi pada siswa dan siswi yang baru diterima.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengkhususkan pidato pada upacara ini untuk menyambut siswa dan siswi baru di SMP kita tercinta ini.

Menjalani kehidupan sebagai siswa SMP bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi. Sedari sekarang saya akan memberikan sebuah peringatan kepada para siswa baru sekalian. Siswa-siswi yang baru masuk ke SMP rata-rata sudah memasuki atau baru saja memasuki masa remaja. Banyak tuntutan yang harus dijalankan, banyak kewajiban yang harus dilaksanan. Jika pada ajaran agama Islam ketika seseorang usai baligh, maka dia diwajibkan untuk Shalat. Sementara itu, pada saat yang bersamaan kalian masuk SMP yang akan menrima tugas-tugas sekolah yang lebih banyak. Dibandingkan di SD biasanya kalian masih dibantu orang tua untuk belajar. Namun, di SMP diperlukan kemandirian untuk belajar dan mengerjakan tugas. Kebanyakan orang tua akan menganggap bahwa kalian sudah cukup matang untuk mengelola waktu belajar kalian sendiri dan belajar secara mandiri.

Siswa-siswi sekalian,
selain dituntut lebih mandiri, jumlah mata pelajaran di SMP juga lebih banyak dari pada di SD. Hal ini juga menuntut kalian untuk bekerja lebih keras. Hal yang harus diperhatikan bahwa dalam menghadapi lingkungan yang baru dan kewajiban yang baru diperlukan yang namanya adaptasi. Adaptasi merupakan proses penyesuaian diri terhadap suatu lingkungan baru yang biasanya diakibatkan oleh adanya perubahan. Yang terjadi sekarang ini adalah perubahan status kalian dari siswa SD ke siswa SMP.

Siswa siswi sekalian,
hal-hal yang saya sampaikan tadi hanyalah segelintir atau sebagian beban yang harus kalian hadapi pada masa SMP. masih banyak hal-hal lain yang akan kalian hadapi. Kalian harus semangat, aktif dan pantang menyerah untuk menghadapi hal-hal tersebut. Hal yang terpenting yang sebenarnya ingin saya sampaikan bahwa kami selaku dewan guru memahami betul fase ini dan sangat memaklumi jika kalian mengalami masalah. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan keluhan apabila terjadi masalah berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar atau adaptasi terkait lingkungan baru. Silakan bagi yang memiliki masalah, bisa langsung menghubungi guru BK di ruang konsultasi. Pun apabila ingin menceritakan masalahnya pada yang bukan guru BK pun tidak masalah, Jangan pernah ragu dan jangan takut. kami seluruh dewan guru akan mencoba membantu sekuat tenaga untuk menyelesaikan masalah yang kalian hadapi.

Pendengar yang berbahagia,
sekiranya itu saja yang dapat saya sampaikan pada waktu yang terbatas ini.
Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya.
wasslamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Comment