Selasa, 17 Mei 2011

Lagi, Contoh Pidato Tema Pendidikan

Judul : Pendidikan Sebagai Sarana Mengejar Cita-cita

Bissmillahirohmanirohim..
assalmu'alaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan tak lupa Staf karyawan yang saya hormati pula.
Teman-temanku yang berbahagia,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang maha agung dimana kita ada disini tidak lain atas kuasanya. Alhamdulilahirobil'alamin, kita pada hari ini masih di beri berbagai nikmat yang tidak mungkin bisa dihitung, diantaranya nikmat hidup, nikmat sehat, dan nikmat berkumpul.



Pada kesempatan kai ini perkenankanlah saya berpidato bukan untuk mengajari ataupun menggurui, namun saya disini hanya sekedar berbagi ilmu, pengalaman dan mengingatkan satu sama lain. Seperti yang kita ketahui, sebagai seorang yang hidup pastilah kita memiliki cita-cita, pastilah kita memiliki harapan, angan-angan, yang mana kita berusaha sebaik mungkin agar angan-angan tersebut dapat tercapai. Namun, untuk menggapai angan-angan tersebut tidaklah mudah, banyak rintangan yang menghalangi. misal saya ingin menjadi seorang guru, pastilah ada dua faktor penghalang, yang pertama dari luar dan yang satunya dari dalam. Yang dari dalam misalnya, saya malas, saya kurang pengetahuan. sedangkan yang dari luar misalnya ibu saya tidak mengizinkan, atau mungkin guru sudah terlalu banyak.

Sekarang yang jadi permasalahan adalah, Bagaimana agar cita-cita tersebut dapat tercapai? jawabannya adalah Berusaha sekuat tenaga, dan bertawakal kepada Allah. namun, dalam mengusahakan cita-cita tentu PENDIDIKAN adalah hal yang utama.Kenapa? Karena tanpa pendidikan, cita-cita itu tidak akan tercapai. Semisalkan saya ingin menjadi dokter. Apakah saya bisa menjadi dokter tanpa pendidikan? kemudian, kakak saya ingin menjadi sopir bus, apakah kakak saya bisa menjadi sopir bus tanpa pendidikan? tidak bisa, biarpun hanya menjadi sopir bus, tapi perlu pendidikan, perlu pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas, dll.

Jadi, memang pendidikan di masyarakat harus dikembangkan baik yang bersifat formal maupun non-formal agar citta-cita semua orang dapat tercapai.

Singkat saja, Cukup sekian dari saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf. terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Comment